Amerika Serikat Terguncang dengar soal Reshuffle Kabinet Kerja Jokowi | Edaaan!

Amerika Serikat Terguncang dengar soal Reshuffle Kabinet Kerja Jokowi

OkTerus.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyinggung presiden Joko Widodo terkait penunjukkan Wiranto sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Karena, Wiranto diduga terlibat beberapa kasus pelanggaran HAM.
“Kami menyadari dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan militer Indonesia saat Wiranto menjabat sebagai panglima angkatan bersenjata,” ucap juru bicara Departemen Luar Negeri AS Anna Richey-Allen.
Wiranto yang menjabat Panglima ABRI periode 1998-1999 itu dirasa bertanggung jawab atas pelanggaran HAM berat berdasarkan laporan Komnas HAM.
Jokowi di AS.
Jokowi di AS.
Peristiwa tersebut diantaranya adalah Tragedi Trisakti, Mei 1998, Semanggi I dan II, penculikan dan penghilangan aktivis prodemokrasi 1997/1998, serta peristiwa Biak Berdarah.
Mengingat dukungan dan perlindungan HAM merupakan landasan utama kebijakan luar negeri AS, Allen menekankan pentingnya pemerintah Indonesia menjamin akuntabilitas atas pelanggaran HAM pada masa lalu untuk mengatasi impunitas bagi pasukan militer.
Tetapi, secara keseluruhan, Allen memberi aplaus atas penunjukan menteri baru dalam perombakan Kabinet Kerja kedua.
“Komposisi kabinet Indonesia adalah hal penting bagi Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia,” katanya.
Sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia, AS dan Indonesia tetap berkomitmen untuk menjaga kedekatan hubungan berdasarkan minat dan nilai bersama. Hubungan ini diharapkan terus tumbuh dan semakin kuat.
“Amerika Serikat berharap melanjutkan kerja sama dengan Presiden Jokowi dan menteri-menterinya untuk lebih meningkatkan kemitraan strategis antara kedua negara dan memajukan kepentingan bersama,” terangnya.

Penulis: Ariestia Fiky | Editor: Atta Pratama
Share on Google Plus

About Master Edan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment